Loading...
Loading...
Loading...

"Klinik Srikandi Husada Kudus"

08112727161

(0291) 430386

TERBARU KAMI - ARTIKEL
Beranda Artikel Posisi Tidur Yang Baik

Posisi Tidur Yang Baik

Ditambahkan pada : 12/07/2022 11:31:49
Posisi Tidur Yang Baik

Menurut Sleep Foundation, sepertiga umur manusia dihabiskan diatas tempat tidur, baik untuk tidur maupun istirahat. Saat tidur, tubuh berkesempatan memperbaiki dirinya sendiri sehingga tetap bisa berfungsi secara optimal. Salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam menentukan kualitas tidur adalah posisi tidur atau bagaimana tubuh berbaring saat tidur.

Banyak yang menganggap posisi yang paling nyaman saat tidur adalah telentang karena posisi ini tidak terlalu membebani persendian. Tapi tahukah kamu? Posisi telentang merupakan posisi tidur yang paling buruk. Menurut Dr. Lois Krahn, spesialis tidur di Klinik Mayo, tidur posisi telentang tidak dianjurkan bagi orang yang mengalami ketindihan sleep apnea.

Tidur telentang menyebabkan lidah dan rahang jatuh sehingga menyempitkan jalan napas. Ujung-ujungnya, sebagian besar mereka yang hobi tidur telentang akan mendengkur.

Bagaimana dengan tidur tengkurap?

Tidur tengkurap membantu menjaga jalan napas tetap terbuka, tetapi posisi ini bisa membuat tulang belakang dan leher tegang. Jangan heran bila saat bangun tidur, leher terasa kaku/sakit setelah tidur dalam posisi tengkurap.

Bagaimana dengan tidur dalam posisi miring?

Sejumlah bukti menunjukan, posisi tidur yang paling baik adalah tidur menyamping. Tidur miring membantu mencegah gangguan aliran nafas dan mengurangi dengkuran.

Jadi kesimpulannya, tidur menyamping, dengan posisi kepala yang sedikit lebih tinggi (selama nyaman), adalah posisi tidur yang terbaik. Tidur miring juga dianjurkan selama kehamilan, terutama saat memasuki trimester akhir.

Pertanyaannya, tidurnya miring kanan atau kiri? Menurut beberapa studi, tidur di sisi kiri adalah yang terbaik karena posisi itu dapat melindungi organ dalam dari tekanan dan memperlancar aliran darah.

Oh ya, tidur telentang sebaiknya jangan dilakukan saat trimester ketiga kehamilan karena rahim yang membesar dapat menekan pembuluh darah besar, vena cava inferior dan sistem arteri di belakang rahim.

Kembali ke posisi miring, tidur dalam posisi miring juga sangat bagus untuk mereka yang mengalami masalah pada leher dan punggung. Akan lebih baik bila ada bantal kecil yang diletakan diantara kedua lutut.

Klinik Pratama Srikandi Husada

Kontak Kami

(0291) 430386

08112727161 / 08112727169

Selengkapnya

Jam Operasional

Layanan umum
Jam : 07:00 - 14:00
Jam : 16:00 - 21:00
Layanan 24 jam
- Gawat Darurat
- Persalinan
- One Day Care
Chat Via Whatsapp

© Klinik Pratama Srikandi Husada. All Rights Reserved.

Designed by HTML Codex
Distributed by ThemeWagon